Home / Berita / Bayclin, Cairan Desinfektan untuk Cuci Tangan

Bayclin, Cairan Desinfektan untuk Cuci Tangan

Bayclin, Cairan Desinfektan Untuk Cuci Tangan

MALANG, SRPB.WEB.ID – Pemenuhan kebutuhan dasar mencakup penampungan sementara, distribusi air bersih, pelayanan kesehatan, bantuan pangan siap saji dan sembako. Sangat dibutuhkan dan diharapkan oleh warga terdampak, saat dilokasi bencana.

Sesuai dengan Peraturan Kepala BNPB nomor 7 tahun 2008 tentang Tata Cara Pemberian Bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar. “Sampoerna Rescue sudah melaksanakan pemberian bantuan pemenuhan kebutuhan dasar hidup sesuai dengan pedoman BNPB, secara cepat dan tepat” kata Ali Imam, diacara Workshop Sampoerna Rescue di Selorejo Hotel dan Resort, Jum’at (15/3).

Mengenai emergency food service, pemberiannya harus sesuai dengan kelompok umur. Balita (termasuk anak- anak, red) dewasa dan manula. Ada yang menarik dan perlu diperhatikan mengenai hal ini, tersedianya air untuk cuci tangan terkadang terabaikan di tempat penampungan sementara.

“Tanganmu, bersihkan (cuci tangan, red) sebelum dan sesudah melakukan kegiatan memasak atau sebelum dan sesudah makan,” ujarnya, sebagai dokter pelayanan kesehatan di Sampoerna Rescue. Sebelumnya, cuci tangan dengan sabun menggunakan air bersih yang mengalir. Kemudian, cuci tangan dengan cairan mengandung penawar infeksi (desinfektan, red).

Menurutnya, membuat hand sanitizer dalam keadaan darurat sangat mudah, khususnya didaerah bencana. Gunakan bayclin, selain sebagai pemutih, mengandung Natrium hipoklorit (NaOCl) sebagai penawar infeksi (desinfektan). Bersifat antiseptik yakni mampu membunuh atau pun mengurangi jumlah kuman mikroorganisme.

“Dengan perbandingan 2 mililiter bayclin dicampur 1 liter air bersih,” tambahnya, saat pemaparan materi emergency food service. (rys)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *