Home / Berita / BPBD Sumatera Utara Study Banding pendirian wadah organisasi relawan.

BPBD Sumatera Utara Study Banding pendirian wadah organisasi relawan.

BPBD Sumatera Utara Study Banding pendirian wadah organisasi relawan.

Berbicara bencana alam, Propinsi Jawa Timur memiliki beraneka ragam potensi bencana yang bisa terjadi kapan saja. Untuk itu Pemerintah Provinsi Jawa Timur memiliki ribuan relawan dan ratusan lembaga organisasi yang bergerak dibidang kemanusian, Sekretariat Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) berdiri bersinergi dengan BPBD Propinsi Jatim.

Dalam upaya pengurangan resiko bencana dan koordinasi saat penanganan tanggap darurat bencana, Kepala Badan penanggulangan bencana daerah Sumatera Utara Dr. Ir Riadil Akhir lubis, Msi, berkunjung di kantor BPBD Jatim yang disambut langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Propinsi Jatim, Suban Wahyudiono didampingi para kepala bidang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Utara Dr. Ir Riadil Akhir lubis, Msi,mengatakan, dalam kunjungannya di kantor BPBD Propinsi Jatim adalah salah satunya ingin membentuk wadah bagi relawan yang ada di Sumatera Utara seperti yang ada di Propinsi Jatim yaitu SRPB Jatim, agar dapat mempermudah koordinasi antara relawan dengan BPBD Sumetera Utara dalam upaya pencegahan dan pengurangan resiko bencana.

“Kami memiliki Taman Edukasi bagi para pelajar,dimana relawan yang menjadi pemandu dalam prose belajar,” ujarnya sambil tersenyum di ruang pertemuan BPBD Propinsi Jatim, Senin (04/02/19)

Adapun setelah melihat kondisi dan sistem koordinasi antara relawan di Jawa Timur dengan instansi pemerintah dibidang kebencanaan BPBD Propinsi Jatim, Badan penanggulangan bencana daerah Sumatera Utara ingin relawan di Sumatera Utara memiliki informasi terkait pembentukan wadah relawan yang profesional.

” Nanti kami akan undang koordinator SRPB Jatim, sebagai narasumber,yang memiliki pengalaman pembentukan wadah relawan di Sumatera Utara,” pungkasnya sambil menutup sambutannya.

Kepala pelaksana BPBD Propinsi Jatim,
Suban Wahyudiono, Menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Kepala pelaksana BBPBD Sumatera Utara di Kantor BPBD Propinsi Jatim. Dengan adanya pertemuan ini Jawa Timur akan terus belajar dengan dampak potensi bencana yang terjadi, meskipun dalam pelaksanaan penangganan tanggap darurat sudah dapat dilakukan dengan cepat salah satunya dengan terbentuknya organisasi relawan SRPB Jatim.

” Kami senang hati apabila dalam pembentukan organisasi relawan di Sumatera Utara, SRPB jatim dapat membantu memberikan wawasan,” sambutnya mempersilahkan Koodinator SRPB Jatim.

Dalam pertemuan yang singkat itu, Kalaksa BPBD Propinsi Jatim, menambahkan salah satu program dalam upaya pembekalan skill dari para relawan adalah sertifikasi relawan sesuai kualifikasi yang semuanya dibiayai oleh BPBD Propinsi Jatim.

“Uji sertifikasi kompetensi relawan penting, agar para relawan memiliki skill dan bergerak sesuai dengan kualifikasinya,” tuturnya.

Koordinator SRPB Jatim,menyatakan, ” InsyaAlloh kami selalu siap apabila diminta untuk berbagi pengalaman kami dalam proses terbentuknya SRPB Jatim,” kata Dian Harmuningsih.[agl]

About ahas

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *