Home / Berita / Desk Relawan, Saat Respon Darurat Bencana

Desk Relawan, Saat Respon Darurat Bencana

Desk Relawan, Saat Respon Darurat Bencana

BULELENG, SRPB.WEB.ID – Dharma Relawan Adhirajasa (DRA) Relawan Penanggulangan Bencana, acara temu relawan se-Indonesia berlangsung pada 26-28 Maret 2019 di kawasan Nangun Kerti, Desa Pancasari, Buleleng, Bali.

Relawan kebencanaan bersama pemateri dari BNPB, diskusi apik mengenai desk relawan penanggulangan bencana. Pada saat tanggap darurat, sering ditemui carut marutnya kegiatan penanggulangan bencana, karena ingin responnya cepat tetapi pengelolaan sendiri masih belom bisa cepat dan tepat.

“Sistem komando sangat diperlukan dan perlu dicermati saat tanggap darurat, namun jangan lupa,bahwa relawan harus dirangkul dalam koordinasi,komunikasi dan informasi. Bukan hanya komando saja.
Mengingat masing-masing organisasi relawan memiliki latar belakang,visi misi dan penganggaran sendiri,” jelas Dian Harmuningsih, saat pemaparan dan memahamkan relawan tentang desk relawan.

Fungsinya, relawan akan melakukan apa dan akan kemana sesuai dengan kompetensi dan sumber daya, baik lembaga/organisasi dan data pribadi, sesudahnya mendapatkan arahan dari sistem yang sudah ada di pos penanggulangan bencana.

Menurutnya, sejak adanya respon darurat bencana, proses desk relawan harus dilakukan. Dan sesudahnya atau pasca bencana.

“Saat memasuki pasca bencana, pendataan terkini relawan yang ikut respon disesuaikan dengan kompetensinya, akan lebih baik jika diberikan apresiasi atau reward dalam bentuk piagam, brevet atau sejenisnya” tambahnya, selaku koordinator Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur, Rabu (27/3).Harapannya, ada data base atau bank data relawan untuk kegiatan penanggulangan bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana yang ada. (rys)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *