Home / Berita / Direktori Relawan SRPB Jawa Timur Sebagai Pusat Data Relawan

Direktori Relawan SRPB Jawa Timur Sebagai Pusat Data Relawan

Direktori Relawan SRPB Jawa Timur Sebagai Pusat Data Relawan

SRPB.WEB.ID- Hujan yang deras sangat menyegarkan suasana  sebuah rumah sederhana depan sawah di sebuah perumahan di kawasan kecamatan Candi, Sidoarjo. Tampak 3 orang sedang mengerjakan tugas  di depan laptop masing-masing. Ketiganya adalah relawan kebencanaan dari organisasi bidang  kebencanaan, mitra Sekretariat Bersama Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur. Bukan kebetulan semuanya perempuan.

Salah satunya kami kenal sebagai Mbak Puspita. Seorang pembina organisasi Relawan Penanggulangan Bencana Indonesia (RPBI), yang rela meluangkan waktunya untuk menghimpun data dan menuangkan dalam sebuah buku yang disebut Direktori Relawan.  Dengan wajah serius dan sepenuh hati mengerjakan sambil sesekali menyanyi lagu yang diputar dari laptop Kak Dian, sang Koordinator SRPB Jawa Timur. Lagu sendu dan mendayu mengiringi suara gemericik hujan yang menampilkan kesejukan.

Puspita menyatakan, “ Direktori Relawan ini akan jadi rujukan dan pegangan saat diperlukan. Karena didalamnya berisi tentang nama organisasi, logo, alamat, nama ketua atau koordinator,no telp yang bisa dihubungi saat darurat,serta bekerja di klaster apa saja saat tanggap darurat. Begitu pula saat pra bencana dan pasca bencana, apa saja yang telah dikerjakan, atau bahkan masih berupa program.”

Selain Puspita, ada juga Dwi Rossantiana, atau yang kami kenal dengan nama Ocha. Ocha,seorang gadis belia yang selalu sabar mengikuti arahan seniornya dalam mengerjakan tugas di SRPB Jawa Timur. Tugas utamanya di bidang kehumasan ( hubungan masyarakat ), diantaranya  sebagai admin WA, Instagram  dan fanpage di akun Facebook. Ocha berkontribusi banyak dalam proses pengumpulan data. Menurut Ocha, “ Direktori Relawan sangat penting bagi keberlangsungan kemitraan di SRPB Jatim.”

Dalam pengerjaan Direktori Relawan ini,dibentuklah sebuah tim, dalam koordinasi bidang keanggotaan SRPB Jatim. Koordinator Bidang Keanggotaan  SRPB Jatim saat ini adalah Wawan Kimiawan, yang otomatis sebagai ketua tim pembuatan  Direktori Relawan. Semoga ke depan, saat selesai, bisa jadi rujukan info data relawan, baik pada masa pra bencana untuk menyusun renkon ataupun masa tanggap darurat untuk pemenuhan tenaga di tiap klaster. Bahkan saat pasca bencana, bisa jadi rujukan organisasi dan berapa relawan di Jawa Timur yang siap bekerja dan berkompeten dalam rehabilitasi rekonstruksi. [jav]

 

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

One comment

  1. Wanita wanita tangguh…. Tuhan mengetahui dan mencatat jerih payahmu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *