Home / Berita / Doni Monardo : Tanam Tumbuhan Tertentu, Bukti Nyata Kegiatan Penanggulangan Bencana.

Doni Monardo : Tanam Tumbuhan Tertentu, Bukti Nyata Kegiatan Penanggulangan Bencana.

Doni Monardo : Tanam Tumbuhan Tertentu, Bukti Nyata Kegiatan Penanggulangan Bencana.

SURABAYA, SRPB.WEB.ID – Dunia berduka, 10 ribu juta jiwa meninggal dan sekitar 4 ribu jiwa meninggal menjadi korban dari bencana alam di Indonesia. Itu semua akibat perubahan iklim ekstrim karena degradasi ekosistem. Yaitu, iklim dunia tidak stabil sebab dari tidak berimbangnya kehidupan ekosistem yang ada. Akibatnya, bencana alam terjadi.

Kita jaga alam, alam jaga kita. Tema di Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Penanggulangan Bencana BNPB di Surabaya. Hari ini (3/2) menjadi akhir dari penutupan rakornas penanggulangan bencana BNPB. Sebelum menutup rakornas, Kepala BNPB mengajak semua untuk menanam tumbuhan tertentu yang bisa mengurangi resiko bencana dan bisa mengembalikan degradasi ekosistem. “Tanam tumbuhan tertentu, bukti nyata kegiatan penanggulangan bencana,” kata Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.

Menanam tumbuhan tertentu didaerah rawan bencana yang sudah dipetakan sesuai daerah rawan bencana masing-masing, seperti contoh sepanjang hulu Citarum ditanami vetiver. Tanaman ini mampu menahan abrasi karena tergerusnya tanah di batas pinggir sungai dengan akarnya yang kuat. Mampu memfilter air sungai secara alami yang menghasilkan air lebih jernih sebagai sumber air konsumsi masyarakat sekitar.

“Semua kegiatan kecil yang positif untuk penanggulangan bencana, pasti akan ditiru lainnya (BPBD, red),” tambahnya. Karena orang Indonesia suka meniru. (rys)

About ahas

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *