Home / Berita / Gelang Tanda Diri Sebagai Identitas Kita,Bagian Dari Kesiapsiagaan Bencana

Gelang Tanda Diri Sebagai Identitas Kita,Bagian Dari Kesiapsiagaan Bencana

Gelang Tanda Diri Sebagai Identitas Kita,Bagian Dari Kesiapsiagaan Bencana

PASURUAN, SRPB.WEB.ID – Perempuan saat bencana termasuk kelompok rentan. Perempuan menjadi korban paling banyak dirumah saat terjadinya bencana.

Menurut Dian Harmuningsih, saat berkegiatan selayaknya memakai tanda pengenal tanpa harus mengeluarkan dompet yaitu dengan memakai gelang yang bertanda data diri. Safety diri bagian dari kesiapsiagaan bencana, ataupun kecelakaan.

“Gelang tanda diri ini, juga saya kampanyekan ke pusat (BNPB, red) untuk bekal kesiapsiagaan bencana”, ujarnya selaku Koordinator Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur, sambil menunjukkan gelang tersebut.

“Kita tidak menginginkan kejadian bencana, paling dekat adalah kecelakaan. Gelang ini adalah data diri tanpa harus orang lain mengeluarkan dompet kita,” tambah Dian, saat memberikan materi bimbingan teknis Srikandi Siaga Bencana se-Kabupaten Pasuruan, Rabu (10/4) di Pendopo Kabupaten Pasuruan.

Sesuai dengan Perka BNPB nomor 17 tahun 2011, masyarakat mempunyai hak untuk mendapatkan wawasan kegiatan penanggulangan bencana. Seperti kegiatan bimbingan teknis Srikandi dalam kesiapsiagaan bencana kali ini yang diadakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan.

Sambutan Lulis Ratnawati Irsyad, menekankan bahwa perempuan tidak hanya bisa masak, macak dan manak (memasak, berias dan melahirkan, red) tapi harus siap dan tangguh menghadapi bencana di lingkungan keluarga.

“Perempuan atau seorang ibu harus menjadi guru siaga bencana dirumah yang sekaligus menjadikannya sekolah,” katanya, sebagai istri dari Bupati dan Ketua Dharma Wanita di Kabupaten Pasuruan saat membuka acara tersebut. (rys)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

One comment

  1. Good ideas..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *