Home / Berita / HIKMAH DIBALIK CORONA

HIKMAH DIBALIK CORONA

HIKMAH DIBALIK CORONA

Sudah hampir sebulan, Corona berulah di Jawa Timur dengan membawa berbagai cerita. Semua bicara Corona. Semua juga sibuk bagaimana menangani Corona yang semakin binal. Gubernur pun sudah menyatakan darurat Corona. Berbagai kebijakan dan himbauan telah disampaikan kepada masyarakat agar tidak dihinggapi Corona.

Organisasi relawan mitra SRPB Jawa Timur juga sibuk menggerakkan sumber daya manusia dan sarana prasarana penunjangnya untuk berpartisipasi membantu pemerintah setempat menanggulangi wabah mematikan yang konon berasal dari Wuhan, sebuah Kota di negeri Cina tersebut. Beberapa komunitas ada yang melakukan penyuluhan secara online, juga sosialisasi dengan membagi masker dan hand sanitizer kepada masyarakat. Selain itu juga mengadakan kegiatan penggalangan donasi dan melakukan penyemprotan fasilitas umum. Semua dilakukan secara mandiri.

Kini, semua benar-benar berkonsentrasi terhadap informasi perkembangan Corona. Begitu juga dengan seluruh pengurus SRPB Jawa Timur yang baru dilantik. Harusnya mereka mulai sibuk menjalankan agenda yang telah disepakati lewat kongres ke dua tahun 2020. Laporan kongres sudah dibuat. Tinggal pengukuhan yang direncanakan akan bersamaan dengan peresmian tenda pendidikan bencana belum bisa dilakukan. Semua terpaksa ditunda sementara. Karena relawan pun harus waspada Corona. Rencana menyelenggarakan sarasehan khusus untuk para ketua organisasi mitra dalam rangka berbagi tugas, sowan ke pejabat BPBD Provinsi Jawa Timur, dalam rangka memperkenalkan pengurus baru yang akan dikukuhkan oleh Gubernur, serta beberapa agenda lama yang akan dikerjakan. Harus diabaikan dulu. Karena relawan pun juga rentan Corona.

Jelas sudah semua agenda tertunda karena Corona. Yang bisa dilakukan adalah mengambil pelajaran terhadap semua kejadian yang membersamai keberadaan Corona yang sudah memakan korban jiwa di berbagai daerah. Mungkin, inilah waktu yang tepat untuk kita bertobat, koreksi diri akan kelakuan yang tidak ramah kepada alam dan lingkungan.

Semoga saja kiprah Corona tidak berdampak pada semangat pengurus baru. Walaupun untuk sementara waktu acara bersemuka ditiadakan, diganti dengan komunikasi tidak langsung lewat online, berharap tidak mengurangi nilai kebersamaannya dalam jalinan silaturahmi yang telah terbangun. Justru disitulah kita bisa belajar komunikasi melalui media video call, teleconverence, dan lainnya sesuai era revolusi industry 4.O. paling tidak, untuk sementara waktu yang bisa dikerjakan dari rumah masing-masing adalah “merapikan” catatan yang ada, termasuk menghimpun dokumentasi kegiatan melawan Corona, untuk dijadikan “kenangan” bahwa di era milenial ini kita, relawan Jawa timur, pernah melawan Corona. Salam Kemanusiaan. tetap tangguh bersatu bersinergi untuk peduli. [eB]

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *