Home / Berita / Ini Jawaban, Mengapa Warna Hijau Dominan Pada Tanda Jalur Evakuasi

Ini Jawaban, Mengapa Warna Hijau Dominan Pada Tanda Jalur Evakuasi

Ini Jawaban, Mengapa Warna Hijau Dominan Pada Tanda Jalur Evakuasi

SIDOARJO, SRPB.WEB.ID – Mengapa pilihan dominan warna hijau pada tanda jalur evakuasi ? Pertanyaan yang terucap disela diskusi Lokalatih Fasilitator Desa Tanggap Bencana (Destana) dari pemateri. Acara tersebut diadakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, Jum’at (1/3) di ruang pertemuan Siaga.

Warna pada tanda jalur evakuasi memang dibuat dominan warna hijau, bukan karena tidak ada alasannya. Selain mudah dilihat saat hanya ada sedikit cahaya.

“Warna hijau memudahkan bagi yang berkebutuhan khusus, lebih tepatnya yang mengalami low vision, orang yang mempunyai pandangan terbatas tetapi bukan buta,” jawab Mbah Gendon, pemateri Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas.

Dalam sel ganglion yang ada dimata terdapat pigmen rodopsion. Ini mudah menyerap sinar warna hijau dibandingkan dengan warna lainnya. “Semuanya sudah melalui uji tes warna pada laboratorium,” tambahnya.

Peserta dan pemateri saling berbagi ilmu mengenai suka dan dukanya mendampingi masyarakat untuk sadar akan pengurangan resiko bencana. Sampai kelompok rentan didampinginya, ibu hamil, lanjut usia dan orang berkebutuhan khusus.

Komunitas dari berbagai kabupaten dan kota hadir di acara tersebut. Antara lain, Pasag Merapi, Kobar Bromo Semeru, Panjer Manikoro, Mahesa Liwung, Panter, Manggala, Berganti Siaga, Bareng Siaga, Lintang Johar, Laras Wilis Kalipang, Jangkar Kelud. Paling terjauh dari Jogjakarta. (rys)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *