Home / Berita / Jambore Relawan Nasional 2019 di Belitung

Jambore Relawan Nasional 2019 di Belitung

 

SRPB.WEB.ID-Alhamdulillah, untuk yang kesekian kalinya Sekretariat Bersama Relawan Penanggulangan Bencana Jawa Timur (SRPB JATIM) diberi kesempatan oleh BPBD Provinsi Jawa Timur mengikuti kegiatan berskala nasional. Kali ini, mengikuti Jambore Relawan Nasional 2019 di Bangka Belitung.

Kegiatan yang diselenggarakan tanggal 11 – 13 Oktober 2019 ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan bulan pengurangan risiko bencana, dengan mengambil tema “Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Ekosistem dan Investasi”.

Sejumlah 8 relawan wakil dari berbagai organisasi mitra SRPB JATIM yang terpilih mendapat fasilitas untuk mengikuti Jambore, yang di dalamnya digelar beberapa lomba. Untuk itulah relawan yang dikirim harus memiliki kompetensi sesuai dengan jenis lomba yang diagendakan panitia. Seperti, lomba Desk Relawan, lomba pembuatan Jalur Evakuasi, lomba Menulis Media Sosial, lomba Cerdas Cermat, dan lomba pembuatan yel-yel.

Semua itu sebagai upaya menumbuhkan peran masyarakat dalam kegiatan penanggulangan bencana serta memperluas jejaring antar pelaku penanggulangan bencana untuk membangun ketangguhan melalui kegiatan pengurangan risiko bencana. Baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun oleh masyarakat secara mandiri.

Kesempatan mengikuti Jambore Relawan yang diberikan oleh BPBD Jatim ini merupakan sebuah kepercayaan yang harus dijaga dan dipertanggungjawabkan dengan kinerja terbaik, sekaligus harus dimanfaatkan untuk menambah wawasan dan membangun jejaring kemitraan.

Untuk itulah pengurus mengadakan pembekalan kepada peserta terpilih agar bisa tampil dengan baik. Karena mereka secara tidak langsung membawa nama Jawa Timur sekaligus representasi dari relawan Jawa Timur yang cukup dikenal dikancah nasional. Paling utama yang harus dijaga adalah kekompakan, menjaga etika, dan kerjasama sebagai tim yang solid, sejak pemberangkatan sampai nanti saat pulangnya harus selalu bersama.

Soal menang kalah, gak usah dipikirkan, yang penting telah berusaha menampilkan yang terbaik dan ‘eye catching’ bagi peserta dari kontingen lain. Untuk bisa begitu, kata kuncinya adalah kebersamaan, seperti yang selama ini dibangun lewat acara rutinan Arisan Ilmu Nol Rupiah.

Tentulah, bagi mereka yang berkesempatan menjadi peserta Jambore Relawan, etikanya harus mau berbagi pengalaman kepada sesamanya sepulang dari pulau seberang. Disamping membuat laporan tertulis yang nantinya akan ‘diramu’ oleh Ocha dan teman-temannya untuk diabadikan di web nya SRPB sebagai kenangan yang abadi. Untuk itu pengurus hendaknya mengagendakan pertemuan yang penuh makna pasca kegiatan Jambore Relawan Nasional 2019. Salam Tangguh. [eBas]

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *