Home / Berita / Kepala BNPB Hadiri Temu Relawan Kebencanaan Se-Indonesia di Buleleng

Kepala BNPB Hadiri Temu Relawan Kebencanaan Se-Indonesia di Buleleng

Kepala BNPB Hadiri Temu Relawan Kebencanaan se-Indonesia Di Buleleng

BULELENG, SRPB.WEB.ID – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, hadiri kegiatan Dharma Relawan Adhirajasa (DRA) Relawan Penanggulangan Bencana, acara temu relawan kebencanaan se-Indonesia.

“Salam Tangguh,” sapa Doni, saat menghadiri temu relawan kebencanaan se-Indonesia, Kamis (28/3).

Kegiatan ini, atas prakarsa masukan dari relawan yang diamini oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB. Pada 26-28 Maret 2019, sebanyak 600 relawan berkumpul di kawasan Bumi Perkemahan Nangun Kerti, Desa Pancasari, Buleleng, Bali.

Dengan tema “Mensinergikan Semangat Kebersamaan dan Kerelawanan Untuk Ketangguhan Bangsa” merupakan kegiatan pertama tingkat nasional, yang mempertemukan sejumlah relawan dari berbagai organisasi dan latar belakang.

BPBD Buleleng menjadi tuan rumah dan sudah mempersiapkan segala keperluan kegiatan mulai dari mobil dapur umum, mobil comob, tenaga medis serta mobil komunikasi satelit yang akan melakukan siaran langsung saat Kepala BNPB memberikan arahan.

“Relawan kebencanaan harus melaksanakan ikrar Bela Alam,” ajak Doni, dalam arahan dipembukaan temu relawan se-Indonesia.

Relawan kebencanaan harus melakukan program nyata, mengajak komunitas yang ada untuk berbuat yang lebih banyak dikegiatan pengurangan resiko bencana di daerah asal. Seperti menanam pohon tertentu yang sesuai dengan daerah akan ancaman bencana.

Menurutnya, dengan metode pentahelix (Academic, Business, Community, Government, dan Media, red) jika keterlibatannya bersinergi saat pra bencana, tanggap bencana dan pasca bencana yang bersifat semangat gotong royong akan mempercepat kegiatan penanggulangan bencana di Indonesia. (rys)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *