Home / Berita / Kesiapan Relawan Jawa Timur di Acara Temu Relawan se-Indonesia

Kesiapan Relawan Jawa Timur di Acara Temu Relawan se-Indonesia

Kesiapan Relawan Jawa Timur Di Temu Relawan se-Indonesia

SIDOARJO, SRPB.WEB.ID – Pada umumnya, dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana tidak berjalan efektif. Faktor lemahnya koordinasi ditambah isu-isu relawan yang egosentris antar organisasi induk relawan.

Banyaknya relawan yang tidak terorganisir dan tidak terampil. Berakibat lemahnya pemahaman peran relawan tentang penanggulangan bencana. Cara cepat untuk menanggulangi permasalahan di relawan, diadakannya temu relawan dengan segera.

Hal tersebut, disambut baik Direktorat Pemberdayaan Masyarakat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Tercetuslah nama acara Dharma Relawan Adhirajasa.

Relawan dari Provinsi Jawa Timur antusias dengan adanya temu relawan se-Indonesia pada 26-28 Maret 2019 di Buleleng, Bali, yang diikuti 34 provinsi dan berasal dari ratusan organisasi relawan.

“Relawan dari Jawa Timur akan memberangkatkan 35 orang, dari berbagai latar belakang dan berbagai organisasi,” kata Rachmad Subekti Kimiawan, Sabtu (23/3), disela obrolan santai, di markas Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) di komplek kantor BPBD Provinsi Jawa Timur.

Keberangkatan relawan di acara temu relawan, menjadi titik awal koordinasi yang apik. Menurutnya, keberangkatan relawan tidak terlepas dari dukungan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jawa Timur.

“Sesuai dengan kerangka acuan kerja temu relawan, kami akan tetap berkoordinasi dengan BPBD Jawa Timur,” tambah pemilik nama sebutan Pakde Wawan ini, sebagai koordinator rombongan.Nantinya, relawan Jawa Timur diharapkan saling berinteraksi dan berkomunikasi tentang kegiatan penanggulangan bencana yang cepat dan tepat. (rys)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

One comment

  1. KRI BLORA BOJONEGORO MONITOR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *