Home / Berita / KESIAPSIAGAAN SEKOLAH AMAN BENCANA | ARISAN ILMU #19

KESIAPSIAGAAN SEKOLAH AMAN BENCANA | ARISAN ILMU #19

KESIAPSIAGAAN SEKOLAH AMAN BENCANA

(27/1) SIDOARJO – Serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Ya, arti dari Mitigasi Bencana. Menurut Pinky Hidayati, M.Psi, dari serangkaian penanggulangan bencana yang terjadi saat ini, kurangnya program pemahaman dan kemampuan dari masyarakat yang terdampak. “Program dan informasi penanggulangan bencana sangat kurang diterima masyarakat, apalagi masyarakat yang terdampak,” ujarnya.

Adapun yang paling ditekankan dan diinformasikan kepada masyarakat, khususnya generasi muda terpelajar, kegiatan-kegiatan sosialisasi penanggulangan bencana pada proses sebelum terjadinya bencana. “Penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi bencana, sehingga bila bencana timbul dampaknya bisa diminimanisir,” tambahnya, selaku Kasie Kesiapsiagaan di BPBD Provinsi Jawa Timur. Contohnya, pengaturan tata letak perabot rumah dan lingkungan yang mempertimbangkan ancaman yang ada.

Akhir dari sesi sosialisasi penanggulangan bencana, Arisan Ilmu Nol Rupiah yang diadakan Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur pada hari ini, yang dihadiri siswa SMU/SMK sekitaran Kelurahan Sedati. Pinky berpesan, sampaikan informasi sosialisasi ke teman dan keluarga, siap untuk selamat. “Informasi sosialisasi siap untuk selamat, tidak hanya berlaku pada yang hadir saat ini. Teman lainnya dan keluarga (siap untuk selamat),” ucapnya. (es231)

About ahas

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *