Home / Berita / Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Jawa Tengah Ke Posko Hidrometrologi Jawa Timur

Kunjungan Kerja DPRD Provinsi Jawa Tengah Ke Posko Hidrometrologi Jawa Timur

SRPB.WEB.ID -Sidoarjo (24/1). Kurang lebih 25 orang dari  DPRD komisi E Provinsi Jawa Tengah, melakukan kunjungan ke BPBD Provinsi Jawa Timur. Tampak mendampingi juga dalam kunjungan ini Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Tengah,Sudaryanto, beserta staff. Kunjungan kali ini dalam rangka menggali informasi atau studi banding singkat guna belajar lebih banyak tentang kegiatan dan peningkatan kapasitas yang dilakukan oleh BPBD Provinsi Jawa Timur dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana. Utamanya peran serta masyarakat dalam mitigasi bencana, yaitu utamanya pengurangan risiko bencana dan edukasi masyarakat.

Kalaksa BPBD Provinsi Jawa Timur Suban Wahyudiono menjelaskan tentang kapasitas Jatim yang sekarang telah naik secara signifikan. Peningkatan itu ditandai dengan menurunnya indeks resiko bencana Jawa Timur dari Tinggi menjadi sedang. Berbagai upaya sinergitas pentahelix,lima untaian ( pemerintah, masyarakat/relawan, bidang usaha, media dan akademisi ) dilakukan secara kontinyu antara lain dengan langsung membawa urusan kebencanaan ke tingkat Provinsi.

“Jadi baru kali ini urusan kebencanaan masuk Grahadi ( rumah dinas gubernur,red)” kelakar Suban disambut riuh tawa yang hadir di Posko Bencana Hidrometrologi. Ketangguhan Jatim, lanjut Suban, termasuk dengan adanya Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) di Provinsi Jawa Timur sebagai poros koordinasi relawan penanggulangan bencana se-Jawa Timur.

Acara penuh keakraban dan tawa ringan menyertai.Sungguh luar biasa. Salah satu komentar  menarik yang ada, “Kami ingin tahu bagaimana cara BPBD Jatim mengajak relawan untuk berperan serta dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi.” Kata seorang anggota DPR yang enggan disebutkan namanya.

Dijelaskan oleh pengurus SRPB Jawa Timur, Aslichatul Insiyah dan Wawan Kimiawan bahwa SRPB Jawa Timur memiliki jalur koordinasi,komunikasi dan pusat informasi bagi 232 organisasi relawan penanggulangan bencana. Berbagai kegiatan diadakan untuk peningkatan kapasitas relawan, salah satunya dengan ‘Arisan Ilmu Nol Rupiah’, yang menjadi tagline. Diceritakan juga kegiatan-kegiatan SRPB yang nantinya berujung pada sertifikasi relawan. Kedepan, Jawa Tengah akan banyak mengaplikasikan ‘oleh-oleh’ kunjungan hari ini untuk dapat dijadikan program kerja sejalan dengan usaha peningkatan ketangguhan Jawa Tengah terhadap bencana (Aze).

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *