Home / Berita / Lilik Kurniawan : (Kita) Kapan Sadar Akan Bencana?

Lilik Kurniawan : (Kita) Kapan Sadar Akan Bencana?

Lilik Kurniawan : (Kita) Kapan Sadar Akan Bencana ?

MALANG, SRPB.WEB.ID – Upaya mensinergikan antara pihak pemerintah, relawan (masyarakat), lembaga usaha, media massa dan akademisi. Besar sekali efek positif jika sinergitas pentahelix berjalan searah dalam penanggulangan bencana di Indonesia yang sesuai dengan undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

Dari semua kegiatan pengurangan bencana, tanggap bencana sampai pasca bencana, yaitu dengan tujuan mengurangi jatuhnya jiwa orang.

“Perlu kesadaran dari semua stakeholder tentang penanggulangan bencana,” kata Lilik Kurniawan, saat diskusi sinergitas pentahelix dalam penanggulangan bencana di Rapat Koordinasi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan dalam Penanggulangan Bencana di Hotel Aria Gajayana Malang, Rabu (13/3).

Dan, menurutnya, semua stakeholder dalam kegiatan kebencanaan yang cepat serta tepat, tidak mengenyampingkan kelompok rentan. Di Indonesia ada dua juta orang dengan berkebutuhan khusus termasuk kelompok rentan. Sehingga untuk mencangkup kelompok rentan masih kurang terkadang sedikit terabaikan dalam kenyataan kegiatan penanggulangan bencana.

“Peringatan dini akan ancaman bencana, di Indonesia sebatas berupa lampu dan suara,” jelasnya, sebagai Sekretaris Jenderal Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI) dan sekaligus Direktur Pemberdayaan Masyarakat BNPB. (rys)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *