Home / Berita / Ngopi Periben, Sinergitas 24 Organisasi Relawan Penanggulangan Bencana Magetan

Ngopi Periben, Sinergitas 24 Organisasi Relawan Penanggulangan Bencana Magetan

SRPB.WEB.ID-Magetan. Menjelang petang, di hari Jumat (30/8) tampak tenda berdiri di depan kantor Tidar-Erme ( Tim Darurat-Emergency Respon ). Gawe besar rupanya sedang disiapkan di Dusun Kambingan, Desa Kuwonharjo,Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan tersebut. Sesuai informasi dari tuan rumah, Syifaul Anam , ” Acara di Magetan kali ini untuk memperoleh kemanfaatan besar dan  luar biasa bagi organisasi relawan penanggulangan bencana. Sinergitas antar organisasi relawan di Magetan  akan kita bangun disini”

Sampai dimulainya acara tercatat 135 peserta dari berbagai unsur. 24 organisasi relawan penanggulangan bencana dari 10 kabupaten/kota di Jawa Timur. Mulai Surabaya, Ngawi  ,   Bojonegoro, Kabupaten Madiun, Kota Madiun,Sidoarjo, Trenggalek, Ponorogo,Pacitan dan Magetan sendiri. Acara diberi nama NGOPI PERIBEN ( Ngolah Pikir Pengurangan Risiko Bencana). Dengan mottonya,  Menjaga Alam Untuk Kepentingan Umat. Acara di moderatori oleh Mas Anam, sapaan akrab Syifaul Anam, dikemas dalam bentuk dialog gayeng penuh keakraban, sarat harapan dan keinginan untuk bersinergi.

Narasumber selain dari Sekretariat Bersama Relawan Penanggulangan Bencana Jawa Timur, (kali ini hadir langsung Koordinator, Dian Harmuningsih), tampak pula Harun Sunarso, DPW HKTI  ( Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ) Jawa Timur. Animo dan antusias peserta membara hingga jam 01.00 pagi. Acara diskusi memberikan ruang yang bebas bagi banyak komunitas dan disiarkan LIVE oleh Trends TV, dilanjutkan dengan mendengar temuan dan berbagi pengalaman beberapa desa,bagi masing-masing relawan yg mengalami kekeringan. Sangat menginspirasi untuk berbuat,bergerak dan berdampak. Acara diskors 30 menit untuk makan malam yang hangat dan dimasak langsung oleh relawan Tidar-Erme dan Mearindo di anglo kayu khas desa tercinta. Semua makan dengan lahap dan penuh keakraban. Acara di akhiri dengan rangkaian manis. Pembacaan Ikrar Masyarakat Jawa Timur Bela Alam, doa bersama dan pemberian piagam kegiatan secara simbolis serta pembagian doorprize. Peserta pulang dengan rasa bangga, kebersamaan dan keinginan bersinergi lintas komunitas peduli masyarakat dan alam sekitar dalam sebuah forum relawan.

Kak Dian, pangilan akrab Koordinator SRPB Jawa  Timur menyampaikan kesannya,” Acara Diskusi  SRPB Jatim baru kali ini disiarkan Live oleh media TV dan mendapat apresiasi luar biasa dari kawan-kawan se-Jawa Timur. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Saya mewakili SRPB Jawa Timur,merasa berbangga memiliki banyak saudara di Magetan. Hari Sabtu, kami masih di Magetan, saya dan kawan-kawan akan menyusuri jalan ke berbagai pelosok Magetan. Sampai jumpa. Selamat menjelang malam tahun baru Hijriah atau 1 Suro”.  Kalimat penuh optimisme disampaikan saat menutup acara. (jav)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *