Home / Berita / Peduli Puntung Rokok Untuk Pestisida

Peduli Puntung Rokok Untuk Pestisida

 

Peduli Puntung Rokok Untuk Pestisida

SIDOARJO, SRPB.WEB.ID – Disela koordinasi rangkaian acara Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019 di markas Sekretariat Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur, dijalan Letjen S. Parman nomor 55 Sidoarjo, sekomplek dengan area kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, berjajar botol kaca diatas meja.

“Sadar dan peduli puntung rokok,” ujar Anang Juli Purwanto, saat obrolan santai sambil mengumpulkan puntung rokok didalam botol kaca tersebut, Sabtu (13/4). Sengaja memilih botol kaca bekas minuman suplemen biar bisa terkumpul, dipilah dan dibawa kemana-mana tidak tumpah dengan tertutup rapat sesuai desain botol asalnya. Lainnya, mengalih fungsikan sebagai asbak portable.

Menurutnya, dari puntung rokok ini bisa dibuat bahan baku pestisida aman untuk tanaman terhindar dari berbagai hama. Ulat, belalang, semut hitam, maupun hama lain yang biasanya merusak tanaman akan musnah.

“Asalkan pas komposisinya dan sesuai dengan waktu terfermentasi, barulah jadi pestisida dan siap digunakan,” jelas Cak Jie, sapaan disekitar relawan dan sebagai aktivis pelestarian penanaman pohon dilahan akan rawan ancaman longsor didaerah sekitaran kaki gunung Anjasmoro.

Perbandingannya 0,6 gram puntung rokok dicampur dengan 4,5 liter air. Setelah komposisi pas, campuran puntung rokok dan air didiamkan selama 4-7 hari dan biarkan terfermentasi. Hasilnya bisa langsung dipakai untuk menyemprot hama di berbagai jenis tanaman.

Hal ini disebabkan karena adanya senyawa alkoida dari daun tembakau yaitu nikotin yang terikat dengan asam malat dan asam sitrat. Senyawa-senyawa lainnya adalah Amin, Pirol, Pidirin, serta alkaloida Nornikotin dan anabasin.

Sifat lain yang dimiliki oleh nikotin dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan insektisida. Kebutuhan insektisida dalam bidang pertanian mendorong untuk mencari bahan dasar pembuatan insektisida termasuk senyawa nikotin. (rys)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *