Home / Berita / Peduli Sungai Sinir dan Buntung, Relawan Digandeng BPBD Provinsi Jawa Timur

Peduli Sungai Sinir dan Buntung, Relawan Digandeng BPBD Provinsi Jawa Timur

Peduli Sungai Sinir dan Buntung, Relawan Digandeng BPBD Provinsi Jawa Timur

SRPB.WEB.ID -Sidoarjo (20/1). Sekitar 150 relawan dari berbagai organisasi di bawah naungan SRPB Jatim turut serta dalam kegiatan bersih sungai yang diadakan oleh BPBD Jawa Timur. Menggandeng Dinas PU Sumber Daya Air dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, acara diharapkan lebih terarah dan sesuai.

Dua sungai utama yang menjadi lokasi giat adalah sungai Sinir dan sungai Buntung, yang berada di sepanjang sekitar Terminal Bungurasih sampai Pasar Waru. Kegiatan diawali dengan koordinasi di posko bencana Hidrometeologi di BPBD yang dipimpin oleh Sekda Jawa Timur Heru Tjahjono dan didampingi oleh Kalaksa BPBD Jatim Suban Wahyudiono. Dalam arahannya, Heru Tjahjono menganjurkan kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan sungai.

“Mahasiswa tolong membuat tag line tentang sungai bersih dan slogan-slogan positif lalu diviralkan, supaya orang-orang itu mau ikut menjaga sungai” ujar Heru Tjahjono . Selain itu, sungai Sinir dan Sungai Buntung memang dalam keadaan yang perlu diperhatikan sebab tumbuhnya enceng gondok yang mulai menyumbat aliran sungai. Lebih lagi, sampah di sepanjang aliran sungai yang kebanyakan sampah rumah tangga.

Tujuan kegiatan ini diantaranya agar sungai kembali kepada fungsi aslinya yaitu sebagai tempat aliran air dan pengurai aliran air kala hujan supaya tidak terjadi genangan bahkan banjir. SRPB dan organisasi-organisasi relawan dalam koordinasinya menjadi mitra BPBD Jatim dalam hal kesiapsiagaan bencana. Semoga kegiatan ini menjadi awal yang baik bagi keberlanjutan terjaganya daerah aliran sungai sehingga Jatim selamat dari bencana banjir selama siaga bencana hidrometrologi ini (Aze).

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *