Home / Berita / Pemberitaan “Humanis” di Kebencanaan, Dapat Mengangkat Moral Kemanusiaan

Pemberitaan “Humanis” di Kebencanaan, Dapat Mengangkat Moral Kemanusiaan

Pemberitaan “Humanis” Di Kebencanaan, Dapat Mengangkat Moral Kemanusiaan

MALANG, SRPB.WEB.ID – Pers yang bebas dan bertanggung jawab merupakan konsep yang di dambakan dalam pertumbuhan pers di Indonesia. Pers yang bebas bukan berarti sebebas-bebasnya memberitakan semua fakta yang ada.

Dalam kegiatan penanggulangan bencana, peran media harus memberitakan secara berimbang. Tidak merugikan salah satu pihak, meskipun faktanya didapatkan langsung dari warga terdampak. Khususnya mengenai pemberitaan jumlah korban.

“Pemberitaan tentang jumlah korban yang terdampak bencana, harus didapatkan dari posko BPBD setempat,” kata Joko Tetuko, dalam keterangan diskusi Upaya Peran Media Melakukan Publikasi Berita Kebencanaan Yang Etis.

Didaerah bencana, posko BPBD setempat, selaku pihak koordinasi, memerintah dan melaksanakan segala kegiatan penanggulangan kebencanaan di Indonesia. Sesuai dengan perundang-undangan penanggulangan bencana.

“Tidak memberitakan semua fakta yang dapat merugikan orang lain,” tambahnya, selaku Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur pada acara Rapat Koordinasi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan dalam Penanggulangan Bencana di Hotel Aria Gajayana Malang, Rabu (13/3).

Pengambilan gambar video, bahkan foto korban bencana, selayaknya berpedoman pemberitaan yang sesuai dengan kode etik jurnalistik dan undang-undang ITE. Jika tidak sesuai norma sosial, masyarakat bisa melaporkan dan menuntun media massa tersebut ke Polisi.

“Beritakan sisi lainnya dari kejadian kebencanaan, sesuai profesionalime dan kompetensi kewartawanan,” tambahnya, diakhir sesi diskusi. Pemberitaan yang menarik dari bencana atau humanis dapat mengangkat moral kemanusiaan. (rys)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *