Home / Berita / Pemotongan Tumpeng Untuk Menandai Pembukaan Ekspedisi Destana Tsunami 2019

Pemotongan Tumpeng Untuk Menandai Pembukaan Ekspedisi Destana Tsunami 2019

Pemotongan Tumpeng Untuk Menandai Pembukaan Ekspedisi Destana Tsunami 2019

Banyuwangi, SRPB-ID. Gawe besar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang bertajuk Ekspedisi Destana Tsunami 2019 (EDT 2019) dibuka secara resmi. Kepala BNPB, Doni Monardo hadir beserta Kepala Bakorwil Jember serta Pengurus Pusat atau Nasional dari 7 organisasi peduli kebencanaan.
Tampak hadir Andalan Nasional Pramuka Peduli, pengurus pusat dan daerah ORARI, pengurus nasional dan daerah RAPI, Baznas, IABI,PMI, MDMC, LPBI-NU.

Diawali dengan pembacaan Ikrar Masyarakat Jawa Timur Bela Alam, yang dibacakan oleh Ketua Brigade Penolong 13 Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur, Dian Harmuningsih yang juga selaku Koordinator Sekretariat bersama Relawan Penanggulangan Bencana Jawa Timur. Pembacaan ikrar dilakukan duet dengan Wawan Kimiawan, relawan Survival Skills Indonesia.

Acara EDT 2019 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala BNPB didampingi Kepala Pelaksana BPBD  Jawa Timur, Suban Wahyudiono, yang juga sebagai penerima Pataka EDT 2019.

Dalam acara ini diserahkan pula, bola ketangguhan dan rompi masyarakat tangguh kepada kepala desa sekitar Pantai Boom.

Selain itu, sekitar 300 orang peserta dan tamu undangan hadir dan menyaksikan pemasangan plakat atau papan informasi tsunami.
Papan informasi tsunami ini juga merupakan kerjasama pemerintah dengan pihak lain.
Yaitu Bank Rakyat Indonesia dan BUMN.
Sehingga masyarakat merasakan sendiri bahwa menjadikan masyarakat tangguh bencana merupakan kewajiban pemerintah dan dibarengi oleh pihak lain dalam pentahelix. (Pentahelix, lima rangkaian dalam penanggulangan bencana-red). Pentahelix ini terdiri atas pemerintah, masyarakat dan relawan, akademisi, dunia usaha dan media.

Semoga makin membaik dan luar biasa, sinergitas pentahelix yang dilakukan demi suatu tujuan yaitu masyarakat tangguh bencana.(jav)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *