Home / Berita / PENGIMBASAN KONSEP ARISAN ILMU ALA SRPB JATIM

PENGIMBASAN KONSEP ARISAN ILMU ALA SRPB JATIM

PENGIMBASAN KONSEP ARISAN ILMU ALA SRPB JATIM

SRPB.WEB.ID -Salah satu program yang digagas oleh pengurus SRPB JATIM periode tahun 2020 – 2023, adalah memberikan kesempatan kepada seluruh organisasi mitra untuk menyelenggarakan kegiatan arisan ilmu di daerahnya dengan menonjolkan kekhasan potensi lokal yang ada. Harapannya tentulah akan menjadi tolehan berbagai pihak, khususnya BPBD setempat, yang ujung-ujungnya bisa menginspirasi terbentuknya SRPB di daerah (namanya tidak harus SRPB, tapi bisa menggunakan nama lain seperti forum relawan atau forum komunikasi relawan dan lainnya yang disepakati bersama).

Ini penting, agar semua organisasi mitra SRPB mempunyai pengalaman menjadi penyelenggaran arisan ilmu, sekaligus menggali potensi dari masing-masing relawan untuk mempraktekkan manajemen organisasi, sehingga semua bisa mengambil peran dalam menjalankan roda organisasi (menghindari terjadinya manajemen tukang cukur).

Begitulah yang terjadi di Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, minggu (15/3), Pramuka Saka Wana Bhakti yang dibina oleh Aslichatul Insiyah, yang akrab dipanggil dengan sebutan Kak Azelin, mengadakan kegiatan pelatihan navigasi dengan mendatangkan Dharma Antoro, dari NAVSHOOT (navigasi shooter), serta praktek pembuatan sabun dari minyak jelantah dan serai oleh Erick, dari Indonesia Survivor.

Inilah praktek pengimbasan konsep arisan ilmu yang sukses digelar. Acaranya semarak, yang datang cukup banyak dan makanannya enak. Menunya sederhana, sop sehat (bakso, sosis, jamur, buncis,kol dan wortel), sayur ini masih diramaikan oleh telur ceplok, dadar jagung, sambel jembret, kerupuk dan rempah kelapa. Sungguh, apa yang digagas Azelin ini layak untuk dilanjutkan secara berkala, dimana materinya diupayakan yang bersentuhan langsung dengan kegiatan pramuka saka wana bhakti.

Semoga apa yang dilakukan oleh Azelin ini bisa menggugah relawan yang lain untuk menggelar kegiatan serupa, sekaligus terjalinkan kolaborasi antara relawan dan pramuka. Boleh jadi pengimbasan disini diartikan sebagai upaya mentransfer konsep yang ada (dalam hal ini arisan ilmu) ke pihak lain dengan cara menyapa dan melibatkan (kata prof Syamsul Maarif), sehingga mereka mampu mereplikasikan arisan ilmu ke dalam kegiatan yang sesuai dengan seleranya.

Jika semua mitra berkenan mereplikasi arisan ilmu di masing-masing daerahnya secara keroyokan yang melibatkan berbagai komunitas yang ada, pastilah BPBD setempat akan turun tangan membina dan memfasilitasi terbentukan forum komunikasi relawan sebagai tempat berkoordinasi dan bersilaturahmi membangun sinergi untuk meningkatkan kapasitas relawan dalam kerja-kerja kerelawanan.

Inilah salah satu tugas berat dari pengurus SRPB JATIM untuk mendorong organisasi mitra berkenan menyelenggarakan arisan ilmu. Baik itu berupa kegiatan indoor maupun outdoor. Yang jelas, dengan kegiatan pengimbasan ini semua akan merasakan betapa ribetnya menjadi penyelenggara. Apalagi arisan ilmu itu kegiatan non profit. Namun, jika semua sepakat kegiatan ini juga bisa di profitkan. Salam Tangguh, saling menginspirasi. [eB]

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *