Home / Berita / Perguruan Tinggi Diajak Peduli Bencana

Perguruan Tinggi Diajak Peduli Bencana

  • PERGURUAN TINGGI DIAJAK PEDULI BENCANA

“BNPB sudah mencoba bersinergi dengan berbagai elemen lewat konsep pentahelik, mengingat saat ini korban jiwa akibat bencana semakin banyak, sehingga upaya penanganannya perlu melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk perguruan tinggi. Karena tidak mungkin hanya ditangani oleh pemerintah sendirian,” Kata Lilik Kurniawan, Direktur Pemberdayaan Masyarakat, BNPB, dalam acara pembukaan rapat koordinasi Sinergitas pemerintah dan Akademisi dalam membangun Ketangguhan masyarakat.

Masih kata pria kelahiran Jokjakarta ini, diharapkan kampus juga berperan dalam upaya pengurangan risiko bencana maupun penanggulangan bencana. melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, civitas academica bisa melakukan penelitian, pengabdian sosial, dan KKN Tematik yang berhubungan dengan masalah kebencanaan. semua ini sebagai upaya memberikan penyadaran kepada masyarakat akan potensi bencana yang ada di daerahnya, sekaligus membangun kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Kegiatan yang dihelat di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, hari Rabu (10/4), dihadiri oleh 80 penguruan tinggi se jawa timur, bertujuan membangun komitmen perguruan tinggi untuk meningkatkan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Hal ini mengingat penanggulangan bencana tidak hanya pada upaya responsif saat tanggap darurat, melainkan lebih kepada upaya pengurangan risiko saat pra bencana maupun pasca untuk mengurangi dampak bencana.

“Melalui KKN Tematik, mahasiswa bisa melakukan penyuluhan tentang pengurangan risiko bencana dengan harapan jika terjadi bencana, jumlah korban tidak semakin banyak. Tanpa melakukan kegiatan bersama dalam penanggulangan bencana, maka korban akan semakin banyak. Untuk itulah perlunya kegiatan ini diadakan dalam rangka membangun sinergi, ” Pungkasnya. [eBas]

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *