Home / Berita / Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Ala Kami

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Ala Kami

 

HKB (Hari Kesiapsiagaan Bencana) adalah inisiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Tujuannya adalah untuk mengajak semua pihak meluangkan waktu satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak.

Dengan adanya HKB, diharapkan bisa membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana.

HKB menjadi hal penting karena Indonesia merupakan negara rawan bencana. Sebanyak 254.154.398 jiwa tinggal di daerah rawan bencana. Dampak bencana juga selalu meningkat setiap tahun, khususnya pada kehidupan sosial, ekonomi dan kelestarian lingkungan

HKB diperingati setiap tahun sejak  26 April 2017. Karena tanggal itu bertepatan dengan lahirnya UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

Sedianya tahun ini puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana untuk tingkat nasional sesuai rencana akan dipusatkan di Kota Pariaman, Sumatera Barat. Tetapi pandemi corona menjadikan situasi berubah.

Situasi bencana (non alam) kali ini benar-benar ujian. Tidak hanya bagi relawan penanggulangan bencana tapi juga seluruh warga negara bahkan masyarakat dunia. Seolah tema yang diangkat dalam peringatan HKB tahun ini pas dengan kondisi pandemi corona yakni “Penanggulangan Bencana Urusan Bersama”. Jika kita tak saling menolong, niscaya corona tak akan segera hengkang.

Seluruh mitra SRPB Jatim turun langsung saat wabah corona melanda. Kami melakukan edukasi mayarakat, melakukan disinfeksi, membuat APD (Alat Pelindung Diri), menggerakkan satuan tugas di tingkat desa, berjaga di perbatasn wilayah, bersinergi dengan BPBD dan pemerintah daerah, dan lain-lain.

Untuk memberi semangat kepada masyarakat tentang pentingnya HKB, SRPB Jatim mempersembahkan video pendek berisi lagu Mars Tangguh yang ditulis oleh Prof. Dr. Syamsul Maarif, M.Si. (mantan kepala BNPB).

Kami memang bukan penyanyi profesional, tapi kami berharap video ini bisa mengiring semangat teman-teman relawan yang tengah berjibaku melawan penyebaran virus corona di negara kita.

Selain itu sejak tanggal 23 april kami mengedukasi masyarakat dengan meluncuran kampanye melalui twibbon tentang tema HKB tahun ini https://twibbonize.com/srpbjatim_harikesiapsiagaanbencana2020.(Ls)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *