Home / Berita / Perwakilan Organisasi Mitra SRPB Jatim Dikenalkan Mosipena

Perwakilan Organisasi Mitra SRPB Jatim Dikenalkan Mosipena

JatimSidoarjo – Tujuh orang dari organisasi mitra Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim mendapat pembekalan pengoperasian Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena).

Pelatihan tersebut dilakukan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, di Jalan Letjen S Parman No 55, Waru, Sidoarjo, Senin (8/2). Tujuh perwakilan organisasi mitra berasal dari BP-13 Jatim, Resu, Navshot, Inavor, IARMI, RPMR, dan SSI.

Mosipena adalah sebuah unit kendaraan yang dibekali peralatan untuk edukasi kebencanaan kepada masyarakat. Mobil ini bisa dioperasionalkan keliling dan mendekati sasaran. Di dalamnya terdiri dari berbagai peralatan canggih dan lengkap. Di antaranya videotron, komputer, mobile sound system komplet, buku-buku, banner, dan perlengkapan lainnya.

“Teman-teman belajar mengoperasionalkannya. Mereka tampak antusias namun penuh keakraban belajar dengan penuh semangat,” ungkap Aslichatul Insiyah, salah satu pengurus SRPB Jatim.

Mosipena akan beroperasi ke titik-titik tertentu untuk memberi pelayanan berupa pendidikan tentang penanggulangan bencana. Dalam pengoperasiannya diperlukan setidaknya 3 orang untuk menjalankannya. Seorang berperan sebagai pengemudi, satu orang edukator, dan satunya operator.

Sasaran lokasi kegiatan Mosipena di antaranya adalah desa-desa yang rawan atau terdampak bencana. Kemudian, sekolah-sekolah, tempat-tempat umum, dan masyarakat yang membutuhkannya.

Setelah mendapatkan wawasan teknis pengoperasionalan Mosipen, Tim SRPB Jatim siap membantu BPBD Jatim untuk mengoperasikan unit mobil ini demi kemaslahatan.

“SRPB Jatim memang selalu konsisten dalam kegiatan mencari ilmu, meng-upgrade pengetahuan, dan membagikannya kepada masyarakat luas. Kami terus membangun kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana di sekitarnya,” jelas Azelin, panggilan akrab Aslichatul Insiyah .

DIharapkan dengan unit mobil ini masyarakat mampu meningkatkan wawasan kebencanaan. Hal ini sebagai bagian dari peningkatan kapasitas dalam pengurangan risiko bencana.

Dalam pelatihan ini, perwakilan organisasi mitra SPRB Jatim ini diberikan pembekalan oleh staf Bidang Pencegahan BPBD Jatim Saiful Lumaela. Usai pembekalan dilanjutkan koordinasi dengan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim Gatot Soebroto.(Srpb/Red)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *