Home / Berita / Sekilas Pintas Tentang SRPB di Awal 2020

Sekilas Pintas Tentang SRPB di Awal 2020

Sekretariat Bersama Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur, merupakan wadah berbagai organisasi relawan penanggulangan bencana di Jawa Timur. Dibentuk melalui Kongres I, di Malang, tahun 2017. Sebanyak 100 orang relawan mewakili organisasinya masing-masing sepakat membentuk sekretariat bersama ini. Fungsi pokoknya untuk koordinasi,komunikasi dan pusat informasi. Suasana guyub rukun diciptakan bersama dan dituangkan dalam motto ” bersatu, bersinergi untuk peduli “.

Logo menampilkan jari jemari 2 tangan terkatup,bermakna kami semua ingin bergandeng tangan bersatu dan bergenggaman. Warna oranye sebagai warna yang mudah dilihat di ketinggian dan warna ungu, bermakna egality atau kesetaraan bagi semua.

Semangat mengabdi dan berbhakti pada kemanusiaan dan pelayanan masyarakat. Saat ini mitra SRPB Jatim,sejumlah 232 organisasi relawan. Yang memiliki berbagai latar belakang, visi,misi dan goal masing-masing. SRPB Jatim bekerja di 3 fase bencana,yaitu di fase pra bencana dengan melakukan banyak pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia,juga bekerja sama dengan gugus depan Pramuka untuk SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana). SRPB Jawa Timur juga aktif mengikuti kegiatan di level nasional yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ). Ada 2 kali dintahun 2019,yaitu Dharma Relawan Adhirajasa di Buleleng Bali dan Jambore Relawan Nasional di Bangka Belitung.

Selain itu, bekerja sama dengan BPBD provinsi Jawa Timur,relawan dibekali dengan serba serbi uji sertifikasi kompetensi secara gratis. Saat ini,yang sudah mengikuti uji sertifikasi kompetensi sejumlah 61 orang relawan.

Ciri khas SRPB Jatim saat melakukan peningkatan SDM, dengan tagline-nya Arisan Ilmu Nol Rupiah, dimana semua gratis, kesan dari,oleh dan untuk sangat kental. SRPB Jatim saat bekerja di fase Tanggap Darurat Bencana, sudah mulai menerapkan Desk Relawan.

Tercatat, 63 organisasi yang melakukan aksi peduli Gempa di Lombok,NTB. Dan saat di Palu,Sigi dan Donggala tercatat 33 organisasi. Untuk aksi peduli pasca bencana, SRPB Jatim juga memiliki potensi yang besar, bahkan sampai hari ini ada kawan-kawan yang masih di Lombok dan Palu untuk melakukan rehabilitasi rekonstruksi. (jav)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *