Home / Berita / Sinergitas Pentahelix “Roh” Penanggulangan Bencana di Indonesia

Sinergitas Pentahelix “Roh” Penanggulangan Bencana di Indonesia

Sinergitas Pentahelix ‘Roh’ Penanggulangan Bencana di Indonesia

MALANG, SRPB.WEB.ID – Kegiatan pengurangan resiko bencana tidak terlepas dari keterlibatan semua stakeholder. Berjalan bersinergi selaras sesuai dengan undang-undang nomor 24 tahun 2007, tentang penanggulangan bencana.

“Saat ini, sudah dilakukan rencana, program dan kegiatan, sejalan terarah sesuai dengan tolak ukur dari BNPB dan BPBD Jawa Timur,” kata Suban Wahyudiono, dipembukaan acara Rapat Koordinasi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan dalam Penanggulangan Bencana di Hotel Aria Gajayana Malang, Rabu (13/3).

Di Jawa Timur, semaksimal mungkin bisa dijadikan sebagai pelopor kegiatan pengurangan rencana bencana di lokal, regional dan nasional, sesuai dengan misi visi Nawa Bhakti Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan BPBD Jawa Timur.

Namun, menurutnya, semuanya tidak terlepas dari sinkronisasi terperbaduan antara program dan kegiatan antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sehingga isu-isu penanggulangan bencana, dapat serta seiring dengan pembangunan lima tahun kedepan.

Sinergitas pentahelix dalam penanggulangan bencana, dengan artian untaian atau rangkaian lima stakeholder yang saling bersinergi. Pemerintah, masyarakat (relawan dan komunitas), dunia usaha, media, dan akademisi. “Semua stakeholder, kita hadirkan disini,” tambahnya, sebagai Kalaksa BPBD Jawa Timur.

  • Rapat Koordinasi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan dihadiri Guru Besar Universitas Pertahanan Prof. Dr. Syamsul Ma’arif, Direktur Pemberdayaan Masyarakar BNPB Lilik Kurniawan, Ketua Ikatan Ahli Bencana Indonesia (IABI) Jawa Timur Moch. Fauzie Said, Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur Joko Tetuko, CSR Facilities PT. HM Sampoerna Sri Widowati Sugih Hastuti, Koordinator Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur Dian Harmuningsih. (rys)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *