Home / Berita / Sisi Lain Pembekalan Sertifikasi Relawan Jawa Timur

Sisi Lain Pembekalan Sertifikasi Relawan Jawa Timur

Sisi Lain Pembekalan Sertifikasi Relawan Jawa Timur

Ada yang bilang bahwa pengertian sertifikasi relawan itu merupakan proses pemberian sertifikat kepada relawan yang sudah memenuhi persyaratan kompetensi tertentu, yang didukung bukti fisik sesuai bidang yang diambil.

Sementara Sugeng Yanu, sebagai pemateri tunggal acara sosialisasi sertifikasi relawan kepada mitra SRPB JATIM, mengatakan bahwa sertifikasi adalah seluruh kegiatan yang dilakukan asesor untuk menetapkan bahwa seseorang memenuhi persyaratan kompetensi yang ditetapkan mencakup permohonan, evaluasi, keputusan sertifikasi, survalen, sertifikasi ulang dan penggunaan sertifikat.

Diawal penyampaian materi, Sugeng Yanu yang juga aktif di gerakan pramuka, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi dan pembekalan masalah sertifikasi ini merupakan inovasi dari pengurus SRPB JATIM.

Kegiatan sosialisasi sertifikasi relawan yang digelar di Ruang Siaga, Kantor BPBD Provinsi Jawa Timur, minggu (29/9) ini, dalam rangka menyiapkan relawan yang akan mengikuti sertifikasi agar hasilnya tidak mengecewakan dan benar-benar kompeten dibidang yang akan disertifikasi. Disamping itu juga untuk menghindari peserta yang terpilih mengikuti sertifikasi tiba-tiba muntaber (mundur tanpa berita).

Sungguh, jika waktunya sertifikasi kemudian pesertanya tiba-tiba muntaber, maka pengurus SRPB JATIM yang blingsatan mencarikan penggantinya. Ini menjadi problem tersendiri.

Untuk menghindari peserta yang muntaber inilah acara Arisan Ilmu kali ini digelar dengan materi pembekalan sertifikasi. Harapannya, hanya mereka yang benar-benar seriuslah yang akan dibina dan didampingi agar tidak muntaber.

Arisan ilmu yang ke 26 ini didominasi oleh wajah baru datang dari berbagai komunitas. Bahkan ada dua mahasiswi STIKES Kota Malang, nekat datang berdua naik motor berboncengan. Begitu juga dengan relawan dari Kota tuak Tuban, berboncengan penuh semangat ingin tau apa itu sertifikasi relawan. subhanallah, semoga perjalananmu mendapat barokah.

Seperti biasanya nasi lodeh, lauk ikan asin , menjeng (=mendoan), sambal jembret dan es cao meramaikan Arisan Ilmu. Ditambah dengan hadirnya wedang kemaruk (ramuan daun kemangi dan perasan jeruk) sumbangan Bukaji Rukiyati menambah semangat peserta menikmati makan siang bersama sambil bercengkerama untuk mengakrabkan suasana.

Di penghujung acara, atas budi baik pejabat BPBD Provinsi Jawa Timur, semua peserta yang datang bergembira mendapat bingkisan berupa makanan siap saji khas untuk bencana, yang dikemas dengan warna orange. Mereka senang karena tidak semua relawan berkesempatan menikmatinya.

Oleh panitia, diharapkan makanan kemasan tersebut segera ‘dieksekusi’ agar tidak kedaluwarsa. Kecuali jika makanan yang diproduksi oleh BNPB itu akan dijadikan ‘pajangan’ dirumahnya untuk kenang-kenangan untuk dipamerkan kepada tetangga dan handai taulan. Wallahu a’lam bishowab. [eBas]

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

One comment

  1. Mantapppp dan luar biasa,,
    Semoga bermanfaat bgi kita semua, dan makin banyak relawan yg bergabung nantinya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *