Home / Berita / SKPDB di Arisan Ilmu Nol Rupiah #24

SKPDB di Arisan Ilmu Nol Rupiah #24

Sidoarjo-SRPB.WEB.ID, Tampak suasana yang semarak dengan warna warni baju seragam organisasi relawan. Relawan penanggulangan bencana yang berasal dari berbagai kota di Jawa Timur. Mereka hadir dengan semangat dan harapan bisa belajar bersama. Bertempat di ruang Siaga Kantor BPBD Propinsi Jawa Timur, di Waru Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, pada minggu pagi (25/8/2019), datang 65 relawan dari lintas organisasi relawan peduli kebencanaan mitra Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim. Para relawan yang datang dari penjuru Jawa Timur tersebut sangat antusias mengikuti kelas pembelajaran dari Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur yang menggelar kelas Arisan Ilmu Nol Rupiah yang ke 24. Materi yang diajarkan kali ini adalah pengenalan Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana (SKPDB), dengan narasumber Satriyo Nurseno S.STP, M.IP, Kasie Kedaruratan BPBD propinsi Jawa Timur.

Menurut paparan narasumber, kondisi Status Tanggap Darurat adalah keadaan ketika ancaman bencana terjadi dan telah mengganggu kehidupan dan penghidupan sekelompok masyarakat. Oleh sebab itu penanganan dari tanggap darurat bencana harus dilaksanakan secara cepat, tepat, efektif dan efisien.

Sedangkan konsep Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana (SKPDB) adalah satu kesatuan terstruktur dalam satu komando yang digunakan untuk mengintegrasikan kegiatan penanganan darurat secara efektif dan efisien dalam mengendalikan ancaman/penyebab bencana dan menanggulangi dampak pada saat keadaan darurat bencana.
Perangkat SKPDB dalam penyelenggaraannya mencakup Posko Penanganan Darurat Bencana (PDB) sebagai perangkat pengendali operasi, Pos Lapangan PDB sebagai perangkat pelaksana operasi, Pos Pendukung PDB dan Pos Pendamping PDB. “Banyak Organisasi Non Pemerintah yang rancu mengartikan Posko dan Pos Lapangan, karena Posko adalah Pos Komando yang didirikan sebagai pengendali operasi dan menjadi pusat koordinasi dari pos-pos lapangan yang didirikan oleh kelompok-kelompok peduli kebencanaan di daerah terdampak darurat bencana”, imbuhnya.

Di akhir sesi kelas pembelajaran, Dian Harmuningsih Koordinator SRPB Jatim, berkesempatan memberikan tali asih berupa sertifikat penghargaan kepada Satriyo Nurseno, Kasie Kedaruratan BPBD Jatim sebagai narasumber dari Arisan Nol Rupiah SRPB Jatim.
Tetap bergerak dan berdampak bagi masyarakat Jawa Timur. (Ygi/jav)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *