Home / Berita / Squad Relawan Nasional, konsepnya dari relawan

Squad Relawan Nasional, konsepnya dari relawan

JAKARTA, SRPB.WEB.ID – Kehadiran relawan disetiap kejadian bencana atau musibah, dapat memberikan kontribusi langsung untuk menangani dampak bencana yang terjadi di Indonesia. Berkoordinasi semua pihak agar saling keterkaitan, sinergis, dan terpadu dalam penanganan masyarakat yang terdampak bencana.

Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) sebagai pusat pengendalian penanganan bencana diharuskan mampu mengkoordinir kegiatan tersebut. Selasa (19/2), di Graha BNPB, mengadakan pertemuan dan membahas persiapan pertemuan para relawan penanggulangan bencana tingkat nasional.

Menurut Direktur Pemberdayaan Masyarakat, diperlukan waktu dan tempat untuk mengapresiasi relawan. “Nantinya, acara tersebut sebagai pertemuan relawan ditingkat nasional,” ujar Lilik Kurniawan. Persiapan pembentukan kepanitian sudah dilakukan, nantinya akan bekerja menentukan konsep sekaligus nama acara yang akan dipakai.

Dian Harmuningsih, satu relawan dari Provinsi Jawa Timur, menghadiri acara rapat persiapan dan menjadi panitia acara Squad Relawan penanggulangan bencana yang diadakan Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB. “Squad Relawan Penanggulangan Bencana, masih dibicarakan mengenai konsep dan tempatnya,termasuk nama keren yang akan menjadi tagline kebanggaan,” jelasnya.

Mengenai pelaksanaannya, waktu dan tempat, akan diinformasikan lebih lanjut. Acara tersebut dikhususkan untuk relawan, semacam ajang pertemuan antar relawan penanggulangan bencana.

“Jadi, tidak ada lagi ungkapan atau obrolan mengenai relawan, bertemunya,alias ‘reuni’ dilokasi bencana,” tambah Dian, sapaan Koordinator Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur. Relawan Jawa Timur siap berpartisipasi di acara tersebut, dengan kuota berapapun jumlah yang diberikan. (rys)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *