Home / Berita / SRPB Jatim di Rapat Koordinasi BPBD Provinsi Jawa Timur Bersama Media

SRPB Jatim di Rapat Koordinasi BPBD Provinsi Jawa Timur Bersama Media

SRPB JATIM di Rapat Koordinasi BPBD Provinsi Jawa Timur Bersama Media

SRPB.WEB.ID- Senin (24/6) bertempat di Hotel Bukit Daun, Kabupaten Kediri, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggandeng media dalam melakukan mitigasi di Jawa Timur.
Acara Rapat Koordinasi ini di hadiri oleh 100 peserta dari BAKORWIL , Kepala Pelaksana BPBD Kota dan Kabupaten se – Jawa Timur, Kabid pencegahan dan Kesiapsiagaan, Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, PWI Provinsi Jawa Timur, GERKATIN dan Sekretariat Bersama Relawan Penanggulanan Bencana (SRPB) Jawa Timur.
Tema yang diambil dalam kegiatan ini adalah “Peran Media dalam Penanggulangan Bencana yang Kondusif”.

Acara rapat koordinasi ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan lagu Mars Tangguh, Kemudian laporan dari ketua panitia serta sambutan Kepala Pelaksana BPBD PROVINSI JATIM , Suban Wahyudiono dalam sambutan pembukaan mengatakan, Jawa Timur merupakan salah satu provinsi dari banyak provinsi di Indonesia yang merupakan daerah yang rawan terjadinya ancaman bencana baik bencana alam maupun non alam. Suban berharap, melalui rapat koordinasi semua pihak,termasum media dapat ikut berperan aktif dalam menyebarkan pengetahuan dan pengenalan tentang risiko bencana, analisis risiko dan upaya pengelolaannya kepada masyarakat.

Dalam acara Rapat Koordinasi tersebut Ketua PWI Jawa Timur, Ainur Rohim berbicara tentang pentingnya peran media dalam upaya mitigasi Bencana. Dalam penjelasannya, dia membeberkan perbedaan media mainstrem dengan media sosial, serta produk yang dihasilkan. “Produk pers dibatasi kode etik jurnalistik serta dikelola secara resmi oleh perusahaan pers yang berbadan hukum. Sementara medsos bebas dan tidak ada pertanggung jawaban,” imbuhnya.

SRPB JATIM pun mendapat kesempatan dalam rapat koordinasi tersebut, disampaikan oleh Susanto,salah satu pengurus, menyampaikan apa dan bagaimana kiprah SRPB JATIM dalam penanganan bencana, SRPB sebagai organisasi cair, memiliki tugas fungsi Koordinasi, Komunikasi dan Informasi bagi 170 organisasi mitranya. Serta telah bekerjasama dengan beberapa media. Bahkan dalam Arisan Ilmu Nol Rupiah para mitra SRPB JATIM juga sudah mendapatkan pelatihan literasi dan jurnalistik. Bekerjasama dengan jurnalis/wartawan yang pengalaman dalam membimbing tulisan pembuatan berita.
Sesuai hasil Arisan Ilmu Nol Rupiah bersama Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, SRPB Jatim dan media yang menulis berita diharapkan bisa mengangkat hal-hal positif dan motivasi untuk bangkit kembali.
(snt)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *