Home / Berita / SRPB JATIM GELAR ARISAN ILMU ONLINE KEDUA

SRPB JATIM GELAR ARISAN ILMU ONLINE KEDUA

Prof Syamsul Maarif Keyonote Speaker Arisan Ilmu Nol Rupiah

Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur mengundang Bapak/Ibu/Saudara untuk berpartisipasi dalam Arisan Ilmu Nol Rupiah dengan tema “Peran Organisasi Relawan di Jatim dalam Pendampingan Destana”. Arisan Ilmu ini akan dilaksanakan secara daring pada hari Jumat, 02 Oktober 2020, jam 14.30 – 17.30 WIB.

Begitulah pengumuman yang diposting di berbagai grup whatsapp komunitas relawan. Di era pandemi yang harus mengedepankan kesehatan dan keselamatan sesuai protokol kesehatan, pengurus SRPB Jawa Timur berusaha tetap mengagendakan Arisan Ilmu secara daring.

Dalam kegiatan daring yang ke dua ini diawali sambutan oleh Dian Harmuningsih, selaku Koordinator SRPB Jatim. Sedangkan pembicara kunci disampaikan oleh Prof. Syamsul Maarif, yang dimoderatori Ns.Mukhamad Fathoni, S.Kep., MNS, Ketua MDMC Kota Malang.

Dadang Iqwandi Kasie Pencegahan BPBD Provinsi Jawa Timur

Untuk nara sumber Arisan Ilmu secara daring ini adalah Dr. Hendro Wardhono, Wakil Ketua Ikatan Ahli Bencana Indonesia, dan Dadang Iqwandy, ST. ,MT, Kasie Pencegahan BPBD Provinsi Jawa Timur. Mereka berdua sangat mumpuni di bidangnya untuk memberi pencerahan kepada relawan mitra SRPB Jawa Timur.

Seperti diketahui, SRPB Jawa Timur merupakan tempat berkumpulnya berbagai organissi relawan yang memiliki kesamaan langkah dan pemahaman untuk berkolaborasi meningkatkan kapasitas dalam rangka membantu program BPBD. Seperti, melakukan inisiasi terbentuknya destana, bersama melakukan mitigasi di daerah yang memiliki tingkat kerawanan yang tinggi, menyusun rencana kontijensi mandiri, dan lainnya. Termasuk dalam hal melakukan mitigasi tsunami yang akhir-akhir ini sedang menjadi perhatian banyak pihak.

Hendro Wardhono Wakil Ketua Ikatan Ahli Bencana Indonesia

Tentu semuanya harus tetap berkoordinasi dengan BPBD setempat, sehingga hasil karya relawan bisa menjadi bahan masukan untuk penyusunan kebijakan. Siapa tahu nantinya relawan semakin dilibatkan dalam program BPBD, khususnya yang terkait dengan pelestarian desa tangguh bencana (destana) sebagai upaya pemberdayaan masyarakat desa dibidang pengurangan risiko bencana.

Ini penting, agar kesan keberadaan destana yang hanya tampak saat ada lomba atau sekedar serimonial belaka. Dengan demikian, pendampingan kepada destana itu penting, agar upaya membangun ketangguhan masyarakat menghadapi bencana itu benar-benar tangguh dalam arti sebenarnya.

Dalam paparannya, Dadang Iqwandi mengatakan bahwa di wilayah kerjanya, banyak sekali daerah yang menyimpan potensi bencana. Namun karena keterbatasan SDM, sehingga belum bisa tergarap semua. Termasuk adanya beberapa daerah di pesisisr selatan yang berpotensi tsunami.

Apa yang dikatakan Dadang, perlu kiranya di respon oleh relawan untuk berperan serta bersama elemen pentahelix lainnya. Seperti sapu lidi, yang bisa mengerjakan tugas secara bersama-sama tanpa harus menghilangkan kekhasan masing-masing, kata Pak Prof, panggilan akrab Syamsul Maarif, guru besar Universitas Pertahanan, dalam arahannya.

Sebagian dari 121 peserta Arisan Ilmu Nol Rupiah

Yang jelas, semua arahan dari nara sumber itu, hendaknya ditindak lanjuti oleh relawan sambil jagongan menikmati hitamnya kopi atau dilakukan secara online dalam rangka social distancing.

Silahkan, yang penting disepakati bersama. Harapannya akan lahir sebuah program keroyokan antar elemen pentahelix. Tentunya dengan melibatkan potensi lokal, agar warna pemberdayaannya itu tampak. Paling tidak Arisan Ilmu online ini bisa menginspirasi peserta webinar yang datang dari berbagai daerah, ( sekitar 11 provinsi yang tampak di rekapan absensi ) dalam sebentuk aksi kemanusiaan. Salam Tangguh, Bersatu, bersinergi untuk berbagi. [eb]

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *