Home / Berita / SRPB Jatim Hadiri Jagong Santai Ngopi Bareng Relawan Tuban

SRPB Jatim Hadiri Jagong Santai Ngopi Bareng Relawan Tuban

Tuban – Acara Jagong Santai Ngopi Bareng Relawan Tuban berlangsung gayeng. Kegiatan yang diadakan pada Rabu, 9 September 2020, malam, mendapat respon positif dari para relawan Tuban dan sekitarnya.

Acara ini juga menghadirkan Koordinator Sekretariat Bersama Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur Dian Harmuningsih. Sekitar 40 relawan hadir dalam kegiatan di Jalan Cemoro Sewu, Tuban. Mereka terdiri dari 17 pengurus dan sembilan relawan muda dari Kecamatan Jatiroto.

Dalam sambutannya, Dian Harmuningsih menceritakan awal mula terbentuknya SRPB Jatim dari panitia ad hoc. Kemudian, akhirnya terwujud dalam Kongres I di Malang pada 28-29 April 2017.

Ia juga memaparkan manajemen organisasi dan mengapa bernama sekretariat bersama (Sekber). Menurutnya, yang paling penting dalam sebuah organisasi adalah sumber daya manusianya (SDM).

“Dari banyak elemen yang harus ditata, SDM menjadi hal yang paling utama. Oleh karena itu, di SRPB Jatim yang didahulukan adalah peningkatan kapasitas SDM,” jelasnya.

Baru setelah itu, secara bertahap dimaksimalkan pula peran-peran lainnya. Seperti administrasi keanggotaan, keuangan, maupun humas. Dengan demikian, peran mereka bisa maksimal.

Acara yang dikemas dengan tanya jawab ini mendapat animo cukup tinggi dari peserta. Adanya Acara Jagong Santai Ngopi Bareng Relawan Tuban juga menambah komunikasi para pengurus relawan.

“Agar organisasi bisa berjalan baik, silakan merencanakan rapat koordinasi pengurus secara rutin. Juga perlu mengadakan rapat koordinasi dengan para mitra,” ungkap Kak Dian, demikian ia kerap dipanggil.

Ia juga berpesan agar bisa menjaga akuntabilitas organisasi sehingga para donatur maupun corporate social responsibility (CSR) dari dunia usaha tetap percaya. Pasalnya, dengan niat yang baik dan ikhlas beribadah dalam organisasi, niscaya akan dimudahkan dalam aktivitasnya.

Selain itu, Dian Harmuningsih juga menjelaskan mengenai program Lumbung Pangan Relawan SRPB Jatim. Program ini untuk membantu para relawan selama pandemi Covid-19. Program ini menyalurkan bahan sembako kepada para relawan yang membutuhkan di beberapa wilayah di Jawa Timur.

Acara bertambah meriah karena ada bagi-bagi suvenir dan door prize Jambore Relawan Jawa Timur. Mug, tumbler, slayer, dan topi berlogo BPBD Provinsi Jawa Timur menjadi kenang-kenangan para peserta.

Selain itu, dalam kegiatan ini SRPB Jatim juga menyerahkan bantuan 1.000 masker dan 200 faceshield untuk relawan Tuban.(*)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *