Home / Berita / SRPB Jatim Rangkul Disabilitas dalam Berbagai Kegiatan

SRPB Jatim Rangkul Disabilitas dalam Berbagai Kegiatan

Malang – Imbauan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) BPBD Jatim Gatot Soebroto agar merangkul kelompok disabilitas, terus diupayakan Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim. Imbauan ini diungkapkan Gatot Soebroto ketika memberikan sambutan pada pembukaan Rakor BPBD Jatim dengan mitra SRPB Jatim, Sabtu, 3 April 2021.

Salah satunya adalah melibatkan  Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) atau IAWD (Indonesian Association for The Welfare of The Deaf), dalam Rakor SRPB Jatim di Hotel Aria Gajayana, Malang.

Dalam kegiatan di hari kedua, Minggu, 4 April 2021, Ketua Gerkatin Jatim Maskurun, ikut memimpin menyanyikan lagu Balada Relawan. Ia tampak bersemangat ikut menyanyikan lagu ini di hadapan para peserta.

Gerkatin memang sudah beberapa kali terlibat dalam aktivitas SRPB Jatim. “SRPB Jatim luar biasa sekali. Saya dapat banyak ilmu dan selalu melibatkan kelompok disabilitas,” kata wanita yang kerap dipanggil Yuyun ini lewat penerjemah bahasa isyarat.

Gerkatin pernah hadir dalam acara seminar pengurangan risiko bencana untuk inklusi di Kota Batu, beberapa waktu lalu. Selain itu, Gerkatin hadir juga di apel siaga bencana hidrometeorologi di Lapangan Kodam V Brawijaya. Belum lagi beberapa kegiatan-kegiatan lainnya.

“Saya berharap agar kerja sama ini bisa ditingkatkan lagi dengan melibatkan disabilitas. Ini sangat penting untuk penanggulangan bencana,” ujarnya.

Kabid PK Gatot Soebroto memang pernah menyatakan, Gerkatin bisa diajak untuk sosialisasi pengurangan bencana. Minimal di komunitasnya.

Sehari-hari Maskurun adalah pimpinan lembaga kursus dan pelatihan jahit menjahit untuk kelompok tunawicara di Jalan HOS Cokroaminoto,  Desa Jamsaren, Pesantren, Kota Kediri.

Sedangkan Gerkatin Jatim saat ini memiliki cabang di 17 kota/kabupaten.  Rerata setiap cabang memiliki anggota sekitar seratus orang.(*)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *