Home / Berita / SRPB TUBAN BERGERAK

SRPB TUBAN BERGERAK

SRPB Tuban, Relawan Baru di Tuban.

SIDOARJO, SRPB.WEB.ID – Salah satu kabupaten yang terletak di Pantai Utara provinsi Jawa Timur, dengan jumlah penduduk sekitar 1,2 juta jiwa ini terdiri dari 20 kecamatan. Luas wilayah 183.994.561 Ha, wilayah laut seluas 22.068 km² dan panjang wilayah pantai 65 km. Ya, Kabupaten Tuban. Sebagian besar wilayah Kabupaten Tuban beriklim kering dengan kondisi bervariasi dari agak kering sampai sangat kering yang berada di 19 kecamatan, sedangkan yang beriklim agak basah berada pada 1 kecamatan.

Dengan luasnya daerah dan berbagai ancaman bencana yang ada, menjadi tanggung jawab besar dalam suatu penanganan penanggulangan bencana jika dibebankan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban. Hal ini yang menjadi latar belakang terbentuknya Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Tuban dan menjadi mitra baru dalam penanganan penanggulangan bencana.

“Kemarin (Sabtu, 2/2) bersama Pengurus SRPB Tuban, kita kunjungan ke Kecamatan Jatirogo,” kata Didik Utomo. Kunjungan langsung ke setiap kecamatan menjadi agenda rutin bulanan, sekaligus mendata ancaman bencana yang terbaru disetiap wilayah kabupaten Tuban hingga ke tempat terpencil. Nantinya, dari pendataan tersebut disinergikan ke pihak BPBD Tuban dan pihak yang terkait untuk mendapatkan usulan tindakan yang menjadi penanganan penanggulangan bencana bersama.

Hasil dari pemetaan ancaman bencana di kabupaten Tuban, antara lain, wilayah Tengah Tuban banjir bandang, wilayah Selatan Tuban banjir bandang Bengawan Solo, banjir rob di wilayah Tuban dan pesisir Utara Tuban. “Target utamanya, membantu BPBD Tuban dalam menangani musibah dan bencana. Minimal mendatangi lokasi bencana dan melaporkan ke BPBD Tuban dan instansi terkait,” lanjutnya, selaku Koordinator SRPB Tuban. Disela obrolan ringan dan menikmati suguhan kopi, teh dan jagung rebus dari warga masih berlanjut hingga menjelang malam.

Rangkuman dari kunjungan tersebut, akan ditindak lanjuti dengan Pengurus SRPB Tuban di sekretariat dan untuk sementara berada di Perumnas Tasikmadu jalan Randu Raya nomor 1. Usaha peminjaman ruangan untuk sekretariat SRPB Tuban masih dalam proses yang rencana dikomplek kantor BPBD Tuban, lebih representatif dan cepat dalam melakukan usulan tindakan penanganan penanggulangan bencana. (rys)

About Dian Harmuningsih

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *