Home / Berita / Tali Temali Di Arisan Ilmu Nol Rupiah Mewarnai Alun-alun Kota Blitar

Tali Temali Di Arisan Ilmu Nol Rupiah Mewarnai Alun-alun Kota Blitar

Tali Temali Di Arisan Ilmu Nol Rupiah Mewarnai Alun-alun Kota Blitar

BLITAR,SRPB.WEB.ID- Minggu pagi (3/3) terlihat suasana yang tidak biasa di alun-alun Kota Blitar. Rupanya sejumlah relawan kebencanaan telah hadir bercengkerama dengan penuh persaudaraan di pendopo yang asri. Acara yang dikemas dengan judul Arisan Ilmu Pengurangan Risiko Bencana ini unik dan menarik. Karena di flyer atau undangan dari Forum Relawan Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kota Blitar ini  tertulis Logistik Pribadi. Hal tersebut menjadi sebuah hal yang tidak jamak, karena umumnya kegiatan pelatihan atau apapun jenisnya, konsumsi disediakan oleh panitia.

Kegiatan Arisan Ilmu ini dikemas dari, oleh dan untuk relawan kebencanaan, yang idenya berasal dari Arisan Ilmu Nol Rupiah Sekretariat  Bersama Relawan Penanggulangan Bencana ( SRPB ) Jawa Timur. Dimana, pemateri dan peserta saling berbagi ilmu yang dimiliki secara gratis.

Hari ini tema yang diangkat adalah pengenalan, perawatan peralatan rapling dan teknik dasar tali temali, yang disampaikan oleh Yoyok Novandi, seorang relawan dari Jaya Stamba Kota Blitar. Selama 3,5 jam materi disampaikan, mulai pukul 11.00 WIB dan berakhir pukul 14.30 WIB, peserta mendapatkan materi teori dan praktek.

Yoyok, panggilan akrabnya saat membuka acara, menyampaikan terima kasih kepada Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar yang telah memberikan kepercayaan dan fasilitasi dalam pelaksanaan Kegiatan Arisan Ilmu nol rupiah melalui PRB Kota Blitar. ”Saya juga sangat mengapresiasi antusiasme dan kehadiran para peserta Arisan Ilmu PRB. Harapan kami, kegiatan ini dapat berlanjut serta berkesinambungan demi meningkatkan ilmu penanggulangan bencana di Kota Blitar’’ sambungnya.

Peserta berasal dari 12 organisasi relawan kebencanaan di Kota Blitar dan bahkan dari luar Kota Blitar. Tampak Saka Wira Kartika Kab. Blitar,Resob ,GPA Jatim,Pendaki Indonesia Blitar,Pembina Sispala SMPI Al-Ghifari, Jaya Stamba,Blitar Adventure,RNPB Tulungagung,Djaladri,Kader Katana Pakunden, Kader Katana Kepanjenlor dan Srikandi Siaga Kota Blitar.

 

Suasana guyub rukun tentunya menghiasi acara ini, berbagi konsumsi yang dibawa masing-masing peserta, bertukar informasi dan keakraban. Seorang peserta menyatakan kesannya, “langkah awal yang baik untuk silaturahmi antar organisasi-organisasi relawan kemanusiaan di Kota Blitar. Semoga ke depan arisan ilmu nol rupiah yang diselenggarakan tim Pengurangan Risiko Bencana ( PRB ) Kota Blitar dapat terus berjalan dan mampu mewadahi seleuruh organisasi relawan kemanusiaan yang lain.’’kata Nasaruddin, seorang relawan dari organisasi RESOB. Sedangkan Perwakilan  Saka Wira Kartika Kabupaten Blitar ,yang enggan disebutkan namanya menyatakan, “kami ingin kegiatan seperti ini dilaksanakan secara berkelanjutan dengan materi yang berbeda-beda untuk menambah wawasan kami”

Sungguh sebuah acara yang menyenangkan dan bermanfaat. Semangat relawan Kota Blitar tentunya sesuai dengan nama kota tersebut. Blitar,Bumi Laya Ika Tantra Adhi Raja  yang berarti tempat bersemayamnya para raja besar. (jav)

 

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *