Home / Berita / TATTs – Mercy Corps Tingkatkan Kapasitas BPBD dan Relawan Bencana di Jawa Timur

TATTs – Mercy Corps Tingkatkan Kapasitas BPBD dan Relawan Bencana di Jawa Timur

Sebanyak delapan provinsi di Indonesia mengikuti Program Technical Assisstance and Training Teams (TATTs). Program ini merupakan kerja sama dengan USAID/OFDA, Mercy Corps, dan mitra konsorsiumnya. Organisasi yang tergabung dalam konsorsium ini di antaranya Mercy Corps Indonesia, Cardno, Arbeiter Samariter Bund (ASB), Yayasan Lingkar, dan Forum Pengurangan Risiko Bencana Perguruan Tinggi (FPRBPT).

Untuk Jawa Timur, program yang sudah berjalan dua tahun, sejak April 2016, berakhir sudah. Penutupan Program TATTs dilakukan di Hotel Santika, Gubeng, Surabaya, Kamis (27/12).

“Mengapa kami pilih Jawa Timur, karena provinsi ini termasuk salah satu daerah rawan bencana,” ungkap Team Leader TATTs Jawa Timur Lukman Hakim. Selain Jawa Timur ada Jawa Tengah, Sumatra Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

“Program TATTs untuk meningkatkan ketrampilan dan kapasitas teknis BPBD secara berkelanjutan di delapan provinsi. Diharapkan mereka dapat memberikan dukungan teknis dan operasional sebelum, selama, dan setelah bencana terjadi,” ungkap Lukman Hakim. Selain itu, mereka juga bisa mempromosikan praktik-praktik terbaik di antara kabupaten/ kota masing-masing.

Salah satu organisasi yang mendapat asistensi dalam Program TATTs ini adalah Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur. SRPB yang menaungi 162 organisasi relawan se-Jawa Timur ini mendapat pelatihan Standar Operasional Prosedur (SOP), beberapa waktu lalu.

Menurut Lukman Hakim, selama dua tahun lebih, pihaknya telah menyelenggarakan 50 kegiatan di Jawa Timur. Di antaranya pencegahan bencana, Tim Reaksi Cepat (TRC), rehabilitasi dan rekonstruksi (RR), kesiapsiagaan bencana, madrasah aman bencana, dan sebagainya.

Sementara, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jawa Timur Subhan Wahyudiono mengatakan, di Jawa Timur ada 417 desa rawan bencana. “Di Jatim ini juga ada 12 jenis bencana. Dari tanah longsor, gempa bumi, banjir, dan sebagainya,” jelasnya.

Subhan sangat berterima kasih atas bantuan asistensi dan dukungan lainnya yang dilakukan TATTs dalam berbagai aksi kebencanaan. Menurutnya, selama dua tahun ini, TATTs telah memperkuat kapasitas BPBD dalam strategi penangangan kebencanaan.

Sedangkan Country Director Mercy Corps Indonesia Sulaiman Sarawary mengungkapkan, Program TATTs telah memberikan dukungan teknis dan advokasi kepada BPBD. Ia berharap ke depan kerja sama seperti ini bisa dilanjutkan dan ditingkatkan lagi.

Dalam acara penutupan Program TATTs ini, beberapa kalaksa BPBD daerah di Jawa Timur ikut hadir. Hadir pula beberapa kabid BPBD Jawa Timur, para relawan, SRPB Jawa Timur, dan undangan lainnya.

Sumber : Surabaya Inside

About ahas

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

One comment

  1. Tetsp aemangat menebar kebaikan, membangun paseduluran utk saling menginspirasi berbagi saling peduli menggali potensi meningkatkan kapasitas dlm PRB dan PB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *