Home / Berita / Tim Immunitas Corona SRPB Jatim

Tim Immunitas Corona SRPB Jatim

TIC (Tim Immunitas Corona) lahir sebagai respon atas meningkatnya wabah Corona di Jawa Timur. SRPB Jatim membentuk satuan tugas ini dengan beban yang tak ringan mengingat ini adalah bencana non alam dengan risiko tinggi.

Penjaringan anggota TIC dilakukan secara terbuka kepada seluruh mitra SRPB Jatim, dan menghasilkan lebih dari 70 orang relawan penanggulangan bencana berjibaku dalam giat pencegahan penyebaran virus corona.

Sejak Surat Penugasan di keluarkan oleh Koordinator SRPB Jatim -Dian harmuningsih- pada (17/3/2020), seluruh anggota TIC langsung bergerak. Mereka dibekali ID card, Surat tugas dan asuransi, serta edukasi tentang virus corona, protokol disinfeksi, physical distancing, membuat hand sanitizer, dll.

Asuransi menjadi hal penting sebagai cara SRPB Jatim melindungi anggotanya dalam wabah corona. “Ini sesuatu yang logis menurut saya, karena teman-teman relawan bekerja dengan risiko tinggi. Saya berharap asuransi ini bisa membuat teman-teman bertugas lebih tenang, meskipun tetap harus mematuhi protokol yang telah di tetapkan pemerintah,” tegas Dian Harmuningsih

Guna memudahkan koordinasi kerja, SPRB Jatim membagi 3 bakorwil yakni, Malang-Jember yang di ketuai M. fathoni dari MDMC Malang, Bakorwil Madiun Bojonergoro di ketuai Susanto dari Laznas LMI, dan Bakorwil Pamekasan, di Ketuai oleh Budi Cahyono dari FRPB Pamekasan

Beberapa giat yang dilakukan TIC adalah disinfeksi di tempat ibadah, institusi kesehatan, institusi pendidikan, terminal, membuat dan membagikan hand sanitizer, membagikan masker, bekerjasama dengan ITS membuat face Shield, piket di perbatasan kabupaten/kota bersama intansi terkait, dan lain-lain.

Mengantisipasi dampak ekonomi karena masyarakat harus di rumah saja, direspon SRPB Jatim dengan meluncurkan program Lumbung Pangan Relawan. Relawan dan masyarakat terdampak wabah corona perlu mendapat bantuan pangan sehari-hari (sembako, dll).

Rachmad S. Kimiawan, Koordinator TIC mengatakan bahwa efek pandemi ini luar biasa di bidang ekonomi. Survey yang dilakukan SRPB menunjukkan bahwa ketahanan pangan masyarakat jatim lemah karena wabah corona.

Untuk penghimpunan dana masyarakat, SRPB Jatim mengamanahi LAZNAS Nurul Hayat dan Yayasan Kemanusiaan Kotakamal Indonesia untuk menggali donasi kegiatan TIC dan Lumbung Pangan Relawan.

Giat para relawan TIC terus berlanjut, seiring doa kami agar pandemi corona ini segera berakhir (Ls)

About SRPB Jawa Timur

Check Also

Seratus Relawan Disabilitas Ikuti Rakor Penanggulangan Bencana

Surabaya – Sekitar seratus relawan disabilitas (tunarungu) mengikuti rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana dengan tema …

2 comments

  1. Imron rosyadi

    Luar biasa. Semangat slalu. Semoga slalu di berikan kesehatan dan kekuatan.. Salam kemanusiaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *